Tak Mudah Ubah Trisakti Jadi Perguruan Tinggi Negeri


Salah satu solusi yang ditawarkan oleh pihak Universitas Trisakti (Usakti) terhadap masalah yang ada saat ini adalah dengan mengubah kampus tersebut menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Padahal mengubah status PTS menjadi PTN bukanlah perkara mudah, ada banyak hal yang perlu diaudit supaya sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Selain itu, Pengamat Pendidikan, Darmaningtyas juga menuturkan, jumlah PTN di Pulau Jawa ini sudah banyak.

"Kalau mau mendirikan PTN, ada baiknya di luar Jawa, karena di Jawa sendiri sudah banyak jumlah PTN-nya," ungkapnya, Jumat (26/8/2016).

Darmaningtyas juga menilai sudah banyak kampus PTN di Jawa yang bagus-bagus, sehingga jika pemerintah ingin mendirikan PTN, maka baiknya di luar Jawa.

Trisakti bersikukuh agar kampus tersebut bisa diubah menjadi PTN, dikarenakan aset yang dimiliki adalah milik negara. Dalam diskusi yang dilakukan oleh pihak Universitas Trisakti (Usakti) dengan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir beberapa waktu lalu, mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) tersebut memberikan dua pilihan yang bisa diambil oleh Usakti.

Pertama, jika ingin menjadi PTN maka kampus tersebut harus memenuhi prosedur yang sudah ditetapkan. Salah satunya pada penetapan biaya kuliah yang sama dengan PTN lainnya. Namun, sebagai PTS, Trisakti harus bersedia untuk dikelola oleh Yayasan.

"Untuk menjadi PTN sendiri tidaklah mudah. perguruan tingginya harus sehat dulu," tegas Nasir.
Tak Mudah Ubah Trisakti Jadi Perguruan Tinggi Negeri Tak Mudah Ubah Trisakti Jadi Perguruan Tinggi Negeri Reviewed by Rizky on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.