Hubungan Orangtua dan Guru Harus Diperkuat


Hubungan antara orangtua dan guru seharusnya bisa terjalin dengan baik, sehingga proses pendidikan bisa berjalan lancar. Karena itulah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengimbau agar hubungan orangtua dan guru bisa diperkuat. "Kami berharap adanya komunikasi yang lebih intensif lagi antara orangtua dengan pihak sekolah. Kemudian bila ada kasus tertentu di sekolah diharapkan kepada orangtua dan masyarakat tidak main hakim sendiri, dan komite sekolah harus lebih intensif mengadakan pertemuan di sekolah,” ungkap Direktur Pembinaan Guru Dikmen Ditjen GTK, Anas M Adam, seperti dalam keterangan tertulis, Senin (15/8/2016).

Anas menuturkan, peristiwa tindak kekerasan yang terjadi di SMKN 2 Makassar dan dialami oleh Pak Guru Dasrul merupakan salah satu hal yang sangat memprihatinkan di dunia pendidikan. "Seorang guru menjadi korban pemukulan oleh orangtua yang sebetulnya tidak boleh terjadi. Orangtua tidak boleh main hakim sendiri, dan perlu diperkuat komunikasi antara guru dan orangtua,” ujarnya. Anas juga berkesempatan menjenguk Pak Guru Dasrul.

Ia mengungkapkan, Pak Guru Dasrul masih merasa trauma serta khawatir jika ada gangguan lanjutan kepada dirinya maupun keluarga. Kemdikbud pun melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar agar memberikan perlindungan hukum terhadap Pak Guru Dasrul. Selain itu, Kemdikbud juga mendukung proses hukum yang sedang berlangsung. Sejumlah murid mengatakan bahwa sosok dari Pak Guru Dasrul merupakan pembimbing yang baik, sabar, serta tidak pernah bermasalah dengan siswa. Oleh karena itu, atas kejadian ini para siswa merasa sangat prihatin. Anas menambahkan, perlakuan main hakim sendiri ini sangat tidak dibenarkan, apalagi dilakukan oleh orangtua siswa. "Terhadap perlakuan main hakim sendiri yang dilakukan oleh orangtua kepada guru akibat kesalahpahaman, tidak dibenarkan," tambahnya.
Hubungan Orangtua dan Guru Harus Diperkuat Hubungan Orangtua dan Guru Harus Diperkuat Reviewed by Unknown on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.