Unnes Miliki 6.000 Mahasiswa Serupa Firna Putri Pemulung


SEMARANG - Universitas Negeri Semarang (Unnes) Jawa Tengah baru saja menggelar wisuda terhadap 1.460 mahasiswa termasuk Firna Larasanti, anak pemulung, yang menjadi lulusan terbaik. Sebelumnya, pada 2014, kampus tersebut juga meluluskan Raeni, anak tukang becak, yang memperoleh IPK 3,96. Pihak kampus menyatakan, terdapat sekira 6.000 mahasiswa miskin yang nasibnya serupa dengan Firna dan Raeni.

“Unnes memang memiliki kebijakan dengan memberi kesempatan kepada calon mahasiswa yang kesulitan secara ekonomi. Misalnya pada awal rekrutmen, kita memberikan porsi yang lebih kepada calon mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi, selain itu juga memberikan beasiswa lain, sehingga mahasiswa bisa kuliah tanpa biaya atau dengan biaya serendah-rendahnya,” kata Kepala UPT Humas Unnes, Hendi Pratama, kepada Okezone, baru-baru ini.

Menurutnya, Unnes berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang layak kepada setiap calon mahasiswa, terutama dari keluarga ekonomi menengah ke bawah. Setiap tahun Unnes memberikan porsi minimal 20 persen bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan secara ekonomi.

“Setiap tahun minimal 20 persen, mahasiswa yang masuk ke Unnes disediakan bagi warga miskin. Jika setiap tahun ada 6.000 mahasiswa yang masuk Unnes, maka sekira 1.500 mahasiswa dari keluarga miskin. Maka, jika ditotal empat angkatan, berarti ada 6.000 mahasiswa miskin dari sekira 30 ribu lebih mahasiswa,” jelasnya.

Setelah proses rekrutmen, pihak kampus juga melakukan pembinaan dengan mengikutsertakan dalam berbagai kegiatan kampus maupun di luar kampus. Dengan pembinaan itu, pihak kampus akan selalu mengetahui perkembangan peserta didik yang menerima beasiswa.

“Jadi kami memberikan kesempatan menempuh pendidikan ini bukan hanya pada segelintir orang tapi untuk banyak orang. Bahkan, setelah rekrutmen kami melakukan pembinaan secara terus-menerus, mahasiswa itu diprioritaskan untuk kegiatan jambore, atau kegiatan kampus yang lain,” kata alumnus Unnes Jurusan Bahasa Inggris itu.

Sumber = Okezone
Unnes Miliki 6.000 Mahasiswa Serupa Firna Putri Pemulung Unnes Miliki 6.000 Mahasiswa Serupa Firna Putri Pemulung Reviewed by Unknown on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.