Hanya 26 Kampus Terakreditasi A





Perguruan tinggi memiliki tugas mencetak sumber daya manusia (SDM) yang andal dan berdaya saing. Hingga saat ini, setidaknya terdapat 4.413 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang tersebar di Tanah Air. Ironisnya, hanya 26 kampus yang sudah terakreditasi A.

"Minimnya kampus yang terakreditasi A membuat lulusannya tak bisa terserap dalam dunia kerja. Kampus menghasilkan lulusan yang kurang kompeten," ujar Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Intan Ahmad di Gedung D Kemristekdikti, Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Persoalan akreditasi nyatanya tak hanya pada kampus, tetapi juga pada program studi. Dari 23.800 program studi, 7.830 di antaranya masih terakreditasi C. Sedangkan 8.363 terakreditasi B dan baru 2.101 yang sudah terakreditasi A.

"Untuk itu diperlukan strategi yang sistematis, terstruktur, dan efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan," ucap Direktur Peningkatan Mutu Pendidikan Ditjen Belmawa, Aris Junedi.

Tahun ini, kata dia, Kemristekdikti menargetkan 12 ribu prodi akan meningkat akreditasinya. Hal ini akan dilakukam secara serius mengingat peningkatan mutu perguruan tinggi sangat esensial.

"Tapi ini perlu proses dari internal kampus juga. Tidak bisa keinginan dari pihak luar saja," tandasnya.
Hanya 26 Kampus Terakreditasi A Hanya 26 Kampus Terakreditasi A Reviewed by Unknown on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.