Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, dan Politeknik.


CatatanUniversitas | Perguruan tinggi merupakan tempat yang wajib bagi lulusan SMA/SMK/MA untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Tak jarang banyak Camaba (Calon Mahasiswa Baru) bingung membedakan antara Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, dan Politeknik. Disini Catatan Universitas berupaya memahamkan camaba yang masih bingung. Oke langsung saja ke pokok pembahasannya..

1. Universitas
Universitas adalah lembaga pendidikan yang paling terkenal di Negara Indonesia ini jika dibandingkan dengan 4 macam perguruan tinggi lainnya. Lembaga ini didirikan untuk mengarahkan lulusannya menjadi tenaga profesional, siap kerja, tenaga pendidikan, atau bahkan peneliti. Didalam universitas ini ada fakltas-fakultas. Fakultas adalah bagian dari Universitas yang mendidik mahasiswa dalam suatu bidang tertentu.
Sebagai contohnya, ada Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu dan Bahasa.

2. Institut
berbeda dengan Universitas yang mempunyai berbagai fakultas dan program studi beragam, Institut berkonsentrasi pada satu bidang saja. Contohnya Institut Pertanian, maka hanya mengkhususkan bidang pertanian saja. Sama halnya seperti Institut Teknologi, maka institut tersebut hanya menmfokuskan pada bidang teknologi. Walaupun demikian, institut juga memiliki beberapa fakultas. Contohnya saja Institut Pertanian memiliki fakultas pertanian, peternakan, dan juga perikanan.

3. Sekolah tinggi
Sekolah tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan teknologi, atau seni. Jika memenuhi persyaratan, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi tertentu. Sebagai contoh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), memiliki program profesi spesialis ekonomi. STIKES memiliki program profesi spesialis kesehatan

4. Akademi
Akademi hanya menyelenggarakan suatu program studi dan lebih menekankan pada keterampilan praktik kerja dan kemampuan untuk mandiri. Umumnya, lama pendidikan di akademi adalah tiga tahun. Di perguruan tinggi ini, porsi praktik lebih besar darioada teori. Banyak akademi di Indonesia yang berstatus kedinasan. Artinya akademi itu diselenggarakan oleh dinas pemerintahan misalnya Akademi Militer (AKMIL) dan Akademi Polisi (AKPOL).

5. Politeknik
Politeknik merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional yang dapat menerapkan, mengebangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sesuai dengan tujuannya, Politeknik memberikan pengalaman belajar berupa praktik dan latihan yang memadai. Di politeknik, prosi praktik lebih besar daripada teori. Contoh politeknik yaitu Pliteknik Kesehatan (POLTEKKES), Politeknik Manufaktur, dan Politeknik Ilmu Pelayaran.

Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, dan Politeknik. Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, dan Politeknik. Reviewed by Unknown on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.