Cara Mendikbud Muhadjir Effendy Tentukan Pendidikan Vokasi





JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mempunyai cara jitu untuk menjadikan pendidikan vokasi bisa menghasilkan lulusan yang bisa diserap oleh lapangan kerja. Salah satunya dengan menyesuaikan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.

"Pendidikan vokasi ini harus ada perinciannya. Keterampilan apa-apa saja yang dibutuhkan," ungkap Mendikbud, Muhadjir Effendy, Kamis (28/7/2016).

Menurut Muhadjir, penerapan vokasi sendiri dilakukan untuk bisa meningkatkan tenaga kerja. "Jadi kita bisa menyiapkan tenaga kerja yang terampil," ujarnya.

Salah satu keterampilan di bidang kelautan. Maka, ucap dia, beberapa keterampilan yang perlu diadakan pada bidang kelautan itu mulai dari budidaya ikan, konservasi, hasil laut, sampai bisnis kelautan.

Muhadjir menambahkan, jangan sampai pendirian pendidikan vokasi itu dipaksakan. "Ada sekolah vokasi bahasa, padahal tidak ada gurunya. Jangan seperti itu, kita jangan buat pendidikan vokasi yang tidak cocok dengan lapangan kerja. Atau jumlah lulusannya lebih banyak daripada yang terserap kerja," tukasnya.

Sumber = Okezone
Cara Mendikbud Muhadjir Effendy Tentukan Pendidikan Vokasi Cara Mendikbud Muhadjir Effendy Tentukan Pendidikan Vokasi Reviewed by Unknown on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.